Gedebuk Love sama Efek Rumah Kaca??


Efek Rumah Kaca, rasanya aneh kalo ada sebuah band yang pake istilah itu sebagai nama band mereka. Suatu sore pas aku lagi nonton acara musik, mataku ga berkedip lihat layar tv saat MC menyebutkan nama guest star yang hadir waktu itu. Yap, Efek Rumah Kaca. Aneh banget....

Kayaknya baru pernah denger ada band yang namanya aneh. Beberapa menit kemudian, diputarlah video klip Efek Rumah Kaca yang berjudul 'Cinta Melulu'. Idiiih, liriknya kok nyindir banget? " Nada-nada yang minor, lagu perselingkuhan... Atas nama pasar semuanya begitu klise... Elegi patah hati, ode pengusir rindu... Atas nama pasar semuanya begitu banyak..."

Tapi, aku jadi mikir, emang bener kok... Lagu-lagu jaman sekarang temanya cinta melulu. Wah, band ini brani juga, pikirku. Terus di akhir acara, band itu membawakan lagu mereka yang lain dengan iringan sebuah gitar, judulnya 'Di Udara'. Lagu itu bikin aku jatuh cinta sama Efek Rumah Kaca.

Beberapa waktu berlalu, seiring makin menjamurnya acara-acara musik yang menampilkan band-band baru yang lumayan keren, aku kehilangan Efek Rumah Kaca. Rasa penasaran sama band itu bikin aku makin rajin mantengin acara musik. Tapi aku ga dapat apa-apa. Di jaman serba canggih, aku ga kpikiran sama sekali buat nyari info lewat internet. Bego... Padahal mereka sudah dibanjiri pujian dari berbagai kalangan. Hufft, 

Setelah jungkir balik dan berjuang sekuat tenaga, akhirnya aku dapat lagu, info beserta gambar-gambar Efek Rumah Kaca. Seneng banget bisa dengerin lagu-lagu mereka, bisa memahami seni yang mereka sajikan dengan cara mereka sendiri lewat liri-lirik mereka yang cukup sadis.

2 album mereka bertajuk Efek Rumah Kaca dan Kamar Gelap sudah masuk ke otakku. Aku semakin jatuh cinta sama mereka. Karena aku seneng banget sama lagu-lagu yang mellow, otomatis aku jadi gandrung banget dengerin 'Desember', mewakili perasaanku sebagai orang yang jatuh hati pada hujan dan langit yang menggelayut kelabu. 'Lagu Kesepian' yang sangat menginspirasiku...

Ada juga 'Jatuh Cinta itu Biasa Saja' yang bukan bermaksud menggurui, tapi mengingatkan bahwa cinta tidaklah buta, seharusnya. Bener-bener salut sama mereka. Apalagi, belum lama mereka dapat penghargaan dari Class Music Hero. Aku setuju banget, band yang ga banyak omong tapi prestasi mencorong. Emang susah banget ketemu sama Efek Rumah Kaca di TV, tapi yah ga papa deh. Atau aku yang emang kurang up-date yah? Aku yakin mereka bakal terus menghasilkan karya khas mereka yang sangat sangat beda dari band lain.

Aku bukan pengamat musik yang baik, karena yang aku bisa adalah menikmati musik. Musik memberikan banyak inspirasi dalam hidup, musik menjadi sebuah ekspresi. Dan buat aku, aku sangat menikmati musik dari Efek Rumah Kaca. Tetap berkarya, dan sukses terus yaaaaach.....

0 komentar: